Exception Handling

Pada post ini saya akan membahas mengenai penanganan error pada program Java.

Saat menjalankan program Java, jika terdapat error pada program maka akan dilempar sebagai exception. Untuk menangani masalah ini, terdapat fitur dalam Java dengan keyword try, catch, dan finally. 

Keyword try biasanya digunakan dalam suatu block program. Keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai sasaran dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses. Keyword ini juga harus dipasangkan dengan keyword catch atau keyword finally yang akan dibahas pada point kedua dan ketiga.

Dalam java, keyword catch harus dipasangkan dengan try. Kegunaan keyword catch adalah untuk menangkap kesalahan atau bug yang terjadi dalam block try. 

Keyword finally merupakan keyword yang menunjukan bahwa block program tersebut akan selalu dieksekusi meskipun adanya kesalahan yang muncul atau pun tidak ada.

Berikut contoh program tanpa exception handling:

Outputnya seperti ini:


Tulisan yang ditampilkan hanya yang berada pada baris sebelum operasi pembagian, hal ini karena saat program mengeksekusi operasi pembagian, program mengeluarkan exception yang mengakibatkan program berhenti. Untuk mengatasinya digunakan try, catch, seperti berikut:

Outputnya adalah berikut:

Setelah menggunakan exception handling, seluruh bagian dalam program tereksekusi.

Berikutnya adalah contoh untuk menampilkan calculated data yang dikembalikan oleh method calculatedData() dengan tipe string:

Output:


Karena tidak ada exception di blok try maka program tereksekusi sempurna. Setelah mengeksekusi blok try, saat kompiler bertemu return statement di blok try, kompiler akan langsung menuju blok finally dan mengeksekusi blok tersebut.

Sekian dari saya untuk post kali ini. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk mengunjungi blog saya.

Comments

Popular posts from this blog

ETS PBO A 2020

Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan: Aplikasi Transaksi Parkir Non Tunai

Tugas 5 Rekayasa Kebutuhan