Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan

Pada kesempatan ini, kelompok kami yang beranggotakan:

Ahmad Aunul Ma'bud - 05111940000164

Naufaliando Yudo Kusumo - 05111940000169

akan melakukan proses analisis elistasi kebutuhan pada aplikasi aplikasi Sistem Informasi IT SHOP. Berikut merupakan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak dari sistem informasi tersebut yang kami pakai sebagai acuan dalam melakukan analisis.


Deskripsi Aplikasi

IT-SHOP merupakan perangkat lunak yang berupa sebuah sistem informasi website yang digunakan pada sebuah toko yang menjual perangkat komponen elektronik yang digunakan untuk merakit personal computer (PC) dan menangani permintaan servis komputer dari customer. Pembeli dapat melihat beragam peroduk elektronik berdasarkan jenis komponen elektronik yang mereka inginkan. Untuk meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan pengguna, sistem informasi juga menampilkan ulasan setiap produk elektronik yang dibuat. 


Dengan adanya IT-SHOP ini diharapkan penanganan permintaan-permintaan dari customer dapat ditangani lebih cepat dan rapi sehingga waktu yang digunakan dapat lebih efisien dan juga dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan manusia dalam hal pencatatan dengan cara yang lebih cepat dan tidak menggunakan tenaga lebih dari manusia.


Elisitasi

Elisitasi kebutuhan adalah tahap pertama dari rekayasa kebutuhan perangkat lunak. Dalam elisitasi, kita akan berkomunikasi dengan pelanggan dan pengguna akhir sistem untuk mencari kebutuhan hingga ruang lingkup perangkat lunak. Oleh karena itu, pada tugas ini, kami melakukan beberapa langkah untuk melakukan elisitasi kebutuhan:

  1. Identifikasi stakeholder
  2. Melakukan wawancara terhadap stakeholder
  3. Identifikasi kebutuhan fungsional dan non fungsional

Dikarenakan kami menggunakan metode wawancara untuk mencari informasi yang diperlukan. Kami menanyakan beberapa pertanyaan kepada stakeholder yang selanjutnya akan kami observasi untuk menentukan kebutuhan dari sistem.


Daftar Pertanyaan

  • Apa kebutuhan bisnis anda?
  • Apa yang dari projek ini yang anda harapkan dapat memperbaiki bisnis anda ?
  • Apa kesulitan yang anda secara administrator alami dalam memakai sistem anda?
  • Apa yang menurut anda yang bisa dikembangkan dalam sistem anda?

Rekap Jawaban

  • Sistem informasi untuk menjual produk elektronik dan jasa service komputer, juga menyediakan berbagai perangkat elektronik dan teknisi servis komputer yang bisa dipesan oleh pengguna
  • Diharapkan bahwa projek ini dapat memperbaiki sistem sehingga pelanggan dari servis kami dapat dengan mudah memakai nya untuk keperluan mereka, juga para administrator yang mengurus bisnis kami lebih nyaman dalam memakainya
  • Terkadang sulit dalam mengupload informasi atau produk, sulit untuk membalas review produk pengguna, tidak bisa menghubungkan user dengan teknisi service komputer
  • Di form input dapat ditambahkan captcha, lalu untuk mengupload gambar untuk produk bisa lebih efektif, lalu untuk mencatat riwayat pengguna bisa diatur secara tahun, bulan dan tanggal.

Stakeholder

Berikut pihak-pihak yang berkepentingan dalam proyek sistem infomasi:
  • Toko IT-SHOP
    • Pihak pemilik toko yang membutuhkan sistem informasi
  • Administrator
    • Pihak yang berkepentingan untuk melakukan pengelolaan produk elektronik dan transaksi pembelian
  • Pengguna
    • Pihak yang menggunakan sistem informasi untuk melakukan transaksi pembelian perangkat elektronik atau pemesanan jasa servis komputer
  • Teknisi Servis
    • Pihak teknisi servis komputer yang menggunakan sistem informasi untuk mendapatkan, menerima, menolak, memperbarui status pemesanan jasa servis komputer serta memberikan detail servis yang dilakukan

Identifikasi Kebutuhan

Berikut daftar kebutuhan fungsional dan non-fungsional dari sistem informasi:
  • Kebutuhan Fungsional
    1. Sistem memvalidasi email pengguna
    2. Sistem menampilkan hasil pencarian dari pengguna
    3. Sistem memvalidasi tujuan pengiriman dari pembeli
    4. Sistem memvalidasi alamat pengguna
    5. Sistem memperbarui data stok barang secara realtime
    6. Sistem mencatat riwayat pembelian pengguna
    7. Sistem mengizinkan pembeli untuk memberikan review setelah berhasil menyelesaikan pembelian.
    8. Sistem menampilkan riwayat order dari pembeli
    9. Sistem menampilkan rating dan review terhadap suatu produk
    10. Sistem menampilkan deskripsi produk
    11. Sistem menampilkan multi-foto produk
  • Kebutuhan Non-Fungsional
    • Operational
      • Sistem harus dapat ditampilkan dengan baik di semua browser (cross-device)
      • Sistem harus terintegrasi dengan bank, jasa ekspedisi, dan juga layanan geolocation
    • Performance
      • Situs harus dapat ditampilkan dengan baik dibawah 3 detik
      • Tiap action pada sistem harus selesai sebelum 2 detik
    • Security
      • Sistem memastikan role masing masing user (pembeli, penjual, dan teknisi)
      • Sistem memberikan captcha pada form login dan daftar
    • Cultural/political
      • Data pribadi pengguna tidak boleh disebarluaskan
      • Target pasar website ini adalah Pembeli dari Indonesia.
      • Mata uang yang ditampilkan adalah Rupiah.
      • Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia.
      • Menggunakan format tanggal DD/MM/YYYY

Batasan

Berikut batasan-batasan yang diberikan dalam proyek sistem informasi:
  • Sistem menggunakan antarmuka berbasis website 
  • Sistem dapat dioperasikan dengan mengakses website
  • Sistem dikembangkan dengan menggunakan bahasa pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript, dan PHP, serta menggunakan database MySQL.
  • Sistem didukung dengan SSL yang merupakan sistem sertifikasi jaringan internet.
  • Sistem ditempatkan pada layanan web hosting berbasis cloud.
  • Website dimuat berulangkali dalam jangka waktu tertentu

Peran dan Tanggung Jawab

Berikut daftar peran dan tanggung jawab dalam proyek sistem informasi:
  • Project Manager
    • Tanggung Jawab:
      • Bertanggung jawab terhadap keseluruhan proses manajemen ruang lingkup.
      • Mengawasi pengembangan Perencanaan Manajemen Ruang Lingkup.
      • Mengawasi proses manajemen perubahan ruang lingkup dalam proyek.
      • Menyetujui permintaan perubahan ruang lingkup dalam proyek.
      • Memastikan bahwa perubahan ruang lingkup dimasukkan ke dalam dokumen proyek yang sesuai
    • Deliverables:
      • Dokumen perencanaan manajemen perangkat lunak (project charter, ruang lingkup, waktu, biaya, kualitas, sumber daya manusia, komunikasi, perubahan, resiko, monitoring dan kontroling)
  • System Analyst
    • Tanggung Jawab:
      • Melakukan perencanaan penggalian kebutuhan
      • Melakukan analisa kebutuhan pengguna
      • Melakukan analisa kebutuhan fungsional dan non-fungsional sistem informasi
      • Membuat dokumen Perencanaan Kebutuhan sistem berdasarkan arahan dari Project Manager
      • Mengembangkan pernyataan ruang lingkup proyek.
    • Deliverables:
      • Dokumen SKPL
        • Diagram use case
        • Diagram class
        • Diagram data flow
      • Dokumen  DPPL
        • Diagram CDM dan PDM
        • Mockup Website
  • Developer/Programmer
    • Tanggung Jawab:
      • Melakukan implementasi (coding) pengembangan sistem informasi
      • Melakukan pengujian dan debugging sistem informasi
      • Melakukan deployment sistem informasi ke server
      • Membuat panduan penggunaan sistem informasi
    • Deliverables:
      • Source code
      • Dokumentasi perbaikan
      • Dokumen panduan penggunaan website
  • Quality Assurance
    • Tanggung Jawab:
      • Memastikan ulang bahwa kualitas produk telah diperbarui dan diuji cobakan.
      • Mengontrol kualitas perangkat lunak.

Comments

Popular posts from this blog

ETS PBO A 2020

Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan: Aplikasi Transaksi Parkir Non Tunai

Tugas 5 Rekayasa Kebutuhan