Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan: Aplikasi Transaksi Parkir Non Tunai

 Studi Kasus Aplikasi Parkir Non-Tunai




1. Deskripsi Aplikasi Sistem Parkir Non-Tunai:

Aplikasi Sistem Parkir Non-Tunai merupakan inovasi sebuah aplikasi dengan sistem yang memungkinkan pengelolaan lahan parkir dengan metode pembayaran tanpa menggunakan tunai. Sistem ini menerapkan otomasi dari awal hingga akhir proses bisnis sebagai implementasi Internet of Things (IoT). Sistem parkir non-tunai diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam mengakses lahan parkir, dan memudahkan pengelolaan lahan parkir.

Sistem kerja aplikasi ini terbatas pada saat memasuki lahan parkir dan saat keluar lahan parkir. Pada saat masuk, pengunjung lahan parkir akan mendapatkan karcis parkir, yang dimana pada karcis tersebut terdapat kode QR atau pun barcode. Setelah itu pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya seperti biasa.

Saat pengunjung akan keluar dari lahan parkir, pengunjung bisa melakukan pembayaran terlebih dahulu dengan cara menscan kode QR melalui aplikasi e-wallet, seperti Gopay atau Ovo, lalu saldo pada e-wallet tersebut akan berkurang secara otomatis. Saat kendaraan tiba di pintu keluar, pengendara perlu menscan QR atau barcode yang ada di karcis pada mesin parkir. Jika sebelumnya pengunjung telah melakukan pembayaran dengan aplikasi, pintu gerbang akan terbuka secara otomatis. Jika belum, pengunjung akan diminta untuk menempelkan kartu uang elektronik. Sistem parkir akan mengambil saldo dari uang elektronik tersebut, palang pintu terbuka, dan pengunjung bisa keluar dan telah selesai menggunakan sistem parkir non-tunai.

2. Identifikasi User dan Stakeholder.

User: Pengunjung lahan parkir, admin

Stakeholder: Pemilik/pengelola lahan parkir


3.
 Kebutuhan dari masing-masing user/stakeholder:

Pengunjung Lahan Parkir:

  • Kemudahan mengakses lahan parkir 
  • Melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat 
  • Keamanan kendaraan
  • Kenyamanan menggunakan aplikasi

Admin

  • Mengelola data lahan parkir 
  • Membuat laporan aktivitas dan pendapatan lahan parkir

Pemilik/pengelola lahan parkir:

  • Mendapat laporan data lahan parkir 
  • Pendapatan dari aktivitas lahan parkir

4.  Aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar:

  • Jaringan internet yang memadai
  • Daya listrik yang kuat
  • Koneksi database manajemen
  • Kamera dan sensor merekam data kendaraan
  • Integrasi sistem dengan berbagai produk e-wallet
  • Maintenance sistem secara berkala

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Technical Support System

Tugas 9 Rekayasa Kebutuhan

ETS PBO A 2020